Beranda    /    Kabar    /    Dedikasi Sangkanparan Untuk Siswa SMK

Kabar

Dedikasi Sangkanparan Untuk Siswa SMK

Oleh: Admin
31 Juli 2017

Sejak 2008, komunitas Sangkanparan Cilacap menerima siswa SMK dari Cilacap dan Kebumen untuk program Praktek Kerja Industri (Prakerin). Program Prakerin ini berjalan selama 3 bulan dengan jumlah peserta sekitar 12 hingga 22 orang dalam 1 periode penyelenggaraan.

Hal ini terjadi karena pihak SMK yang memiliki jurusan Broadcast dan Multimedia di Cilacap dan Kebumen tidak memiliki kompetensi dalam menyelenggarakan program pendidikannya dan cenderung pasrah bongkokan, membiarkan para siswanya mencari sendiri. Syukur-syukur bisa dapat tempat yang memang punya komitmen untuk melakukan pendidikan sesungguhnya seperti Sangkanparan ini.

Insan Indah Pribadi selaku pendiri Sangkanparan menuturkan bila ia tidak menarik biaya apapun bagi para siswa ini untuk melakukan Prakerin di tempatnya. Para siswa ini cukup patungan untuk biaya hidup mereka selama Prakerin dimana mereka selama 3 bulan tinggal di markas Sangkanparan yang notabene rumah Insan.

"Saya jelas tidak tega melihat anak-anak ini yang butuh sekali dipandu. Ada keputusasaan terpancar dari mata mereka dan yang saya bisa lakukan adalah membantu mereka mendapatkan kegiatan yang berarti", ungkap Insan.

Dalam pelaksanaannya, Sangkanparan melibatkan komunitas lain dalam Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) seperti CLC Purbalingga dan Komunitas Kedung Kebumen.

Periode Juli-September ini Sangkanparan menerima 22 siswa SMK dari Cilacap, Majenang dan Kebumen. Insan mengajak para siswa ini untuk terlibat di Festival Film Purbalingga 2017 (FFP) sebagai relawan.

"Pengalaman sebagai relawan di FFP bisa membuka mata mereka untuk melihat lebih dalam kerja-kerja perfilman. Bahwa film bukan sekedar membuat, tetapi juga memutarkan", jelas Insan.





Baca juga