Beranda    /    Kabar    /    Balada Bala Sinema Masuk Nominasi FFI 2017

Kabar

Balada Bala Sinema Masuk Nominasi FFI 2017

Oleh: Admin
8 Oktober 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengumumkan film yang masuk nominasi pada Kamis kemarin (5/10/2017) bertempat di Raffles Hotel, Jakarta Selatan. Dari 100 film yang masuk ke meja pendaftaran, terpilih 49 film yang nantinya akan dibagi dalam 22 kategori. Salah satu film yang masuk nominasi adalah Balada Bala Sinema, sutradara Yuda Kurniawan yang masuk nominasi di kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik.

Film Balada Bala Sinema yang diproduksi Rekam Docs ini berkisah tentang perjalanan komunitas CLC Purbalingga yang sejak berdiri pada tahun 2006 sampai sekarang masih konsisten memfasilitasi pelajar Purbalingga untuk memproduksi film. Film berdurasi 118 menit ini sendiri mengambil momen 10 tahun penyelenggaraan Festival Film Purbalingga, sebuah festival film yang rutin diselenggarakan oleh CLC Purbalingga tiap tahun.

Yuda Kurniawan dalam director statementnya mengatakan bahwa film ini diproduksi sebagai penghargaan kepada CLC Purbalingga atas dedikasinya membangun budaya produksi dan menonton film di Purbalingga khususnya, maupun di Banyumas Raya secara umum.

“CLC mungkin adalah satu-satunya Komunitas Film di Indonesia yang mampu menjalankan seluruh fungsinya sebagai media literasi film. Tak hanya memproduksi film-film pendek, tapi juga membuka ruang-ruang pemutaran, diskusi, workshop dan menggelar Festival Film selama satu bulan penuh selama 10 tahun secara mandiri tanpa bantuan dana dari pemerintah maupun swasta.” tambah pria asal Banyuwangi ini.

Balada Bala Sinema nantinya akan bersaing dengan 5 film lain untuk mendapatkan penghargaan Dokumenter Panjang Terbaik Festival Film Indonesia 2017 yang rencananya diumumkan pada 11 November 2017 di Manado





Baca juga