Beranda    /    Kabar    /    Workshop Produksi Film SMK Bakti Purwokerto

Kabar

Workshop Produksi Film SMK Bakti Purwokerto

Oleh: Admin
17 November 2017

Setelah memfasilitasi workshop produksi film pelajar Kabupaten Kebumen dan Purbalingga, Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga merambah ke Kabupaten Banyumas. Kali ini fasilitasi kepada pelajar SMK Bakti Purwokerto, pada Selasa, 14 November 2017 di lingkungan sekolah.

Workshop yang diikuti sekitar 100 pelajar dari semua jurusan itu digelar dari pagi hingga sore hari. Hasilnya dua skenario film pendek yang langsung dipraktikan hingga paska produksi.

Menurut Kepala SMK Bakti Purwokerto Mei Saeni, S.Pd.Ek, program pelatihan membuat film ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak didik. “Tidak hanya bagi jurusan Multimedia saja, namun semua jurusan agar semua merasakan pengalaman untuk kemudian dikembangkan,” tuturnya.

Seperti halnya workshop pelajar di daerah lain, di sekolah yang sudah puluhan tahun berdiri ini diberikan materi penulisan skenario, manajemen produksi, tata kamera, dan tata gambar atau editing.

Nuning Nurhayati, siswi kelas XI jurusan Multimedia mengaku baru pernah mengikuti pelatihan membuat film. “Ternyata rumit, tidak seperti yang dibayangkan. Banyak yang harus dipelajari dan dipersiapkan,” ujarnya.

Direktur CLC Purbalingga Bowo Leksono mengatakan, CLC sebagai bagian dari Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) mempunyai tanggung jawab terhadap perkembangan film khususnya pelajar di wilayah Banyumas Raya. “Tahun 2017 ini, dengan masuknya Komunitas Kedung Kebumen, wilayah jangkauan meliputi Kabupaten Kebumen,” jelasnya.

 Selain pelajar setingkat SMA, CLC juga sempat memberikan pelatihan kepada pelajar SD. Dan sedang dirancang untuk memberikan workshop produksi film bagi warga desa sebagai bagian dari kebutuhan promosi potensi desa.





Baca juga