Beranda    /    Kegiatan    /    Menyapa Tentangga Dengan Sinema

Kegiatan

Menyapa Tentangga Dengan Sinema

Oleh: Admin
30 Juli 2017

Festival Film Purbalingga (FFP) dengan salah satu program ikoniknya - Layar Tanjleb yang berkeliling ke desa-desa selama 3 minggu penuh, melibatkan warga desa secara langsung melalui kelompok-kelompok pemuda seperti Karang Taruna dan/atau lainnya. Mereka adalah rekan kerja penyelenggara Layar Tanjleb yang setara.

Hasilnya jelas, program Layar Tanjleb menciptakan ikatan emosional antara kelompok penyelenggara di desa dengan para warga penontonnya. Penyelenggaraan berjalan secara organik, menciptakan nilai lebih bagi semua pihak yang terlibat.

Rangkaian perjalanan Layar Tanjleb ini kemudian berlanjut ke program pemutaran di dalam kota Purbalingga. Fokus utamanya pada program kompetisi film pendek fiksi dan dokumenter pelajar SMA se-Banyumas Raya yang bertaut dengan program pemutaran non-kompetisi. Tempat pemutaran utama tahun ini ada di Oproom Grha Adiguna, Purbalingga. 

Akhir tahun lalu kami melakukan evaluasi program dan salah satu bahasannya adalah pemutaran di dalam kota yang ternyata lebih didominasi penonton kalangan muda. Ini tentu bukan hal yang kami inginkan. Bahwasannya, program-program FFP mesti bisa menyentuh semua kalangan. 

Berkaca dari hal tersebut, kami memutuskan untuk membuat program baru. Mengadaptasi dari pola Layar Tanjleb; melibatkan masyarakat secara langsung sebagai pelaku. Maka lahirlah program Nonton Bersama Tetangga.

Konsepnya sederhana saja; menawarkan kepada pemilik rumah untuk mewakafkan ruang TV atau teras atau pekarangannya untuk menjadi tempat pemutaran film program FFP 2017 dan mengundang tetangga sekitarnya untuk menonton film Indonesia dan Banyumas Raya.

FFP menyediakan TV flat layar besar lengkap dengan seperangkat alat putar dan tata suara sehingga pemutaran film memenuhi standar kelayakan. Si empu rumah mengundang tetangga di sekitarnya untuk bergabung dan menonton. Menyiapkan cemilan a la kadarnya dan setelahnya bisa bercengkrama tentang film dan perfilman Indonesia.

Kami membuat pengumuman terbuka ke publik Purbalingga. Tak diduga, terkumpul 8 rumah yang mengajukan ketersediaannya. Sebagai program percobaan, tahun ini kami pilih 4 rumah sebagai tuan rumah program Nonton Bersama Tetangga FFP 2017.

Harapan kami program ini bisa menjadi jembatan baru bagi publik Purbalingga, khususnya di area kota untuk menjadi bagian dari festival. Mungkin saja program ini bisa menjadi ruang hangat untuk menyapa tetangga melalui sinema.

Program Nonton Bersama Tentangga bisa dilihat disini.





Baca juga