Beranda    /    Tentang Kami   

Tentang Kami

CLC Purbalingga

Berdiri pada 4 Maret 2006, CLC Purbalingga memulai kegiatannya dari produksi film, yang kemudian menjelma pada kegiatan pemutaran serta pendidikan film bagi masyarakat Purbalingga dan Banyumas Raya, khususnya bagi pelajar. Kegiatan CLC Purbalingga fokus pada pendidikan masyarakat melalui sinema terutama untuk kalangan anak muda. 

Program CLC Purbalingga meliputi pemutaran film, festival serta workshop produksi. CLC Purbalingga bekerjasama dengan semua lini kelompok seni-budaya dan sosial, termasuk kelompok-kelompok seni tradisi. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, CLC Purbalingga menghadirkan kegiatan sinema secara utuh; dari produksi hingga pemutaran film.

Pemutaran film reguler BIORA

Bioskop Rakyat (BIORA) adalah pemutaran film reguler yang diadakan di kantor CLC Purbalingga.  Menampilkan film-film dari Purbalingga, Banyumas Raya, hingga internasional -  baik berupa program inisiatif CLC Purbalingga maupun bekerjasama dengan pihak-pihak lain

Workshop Produksi Film

Merupakan program workshop berkala yang digelar sepanjang tahun berupa fasilitasi dan pendampingan produksi film fiksi dan dokumenter pelajar setingkat SMP dan SMA.  Tema workshop yang digagas meliputi; pengelolaan produksi, penulisan skenario dan editing.

Festival Film Purbalingga

Festival Film Purbalingga (FFP) adalah program festival tahunan yang sudah dikenal secara nasional. Ditujukan untuk membangun budaya menonton film bagi masyarakat Purbalingga dan Banyumas Raya pada umumnya, serta ruang laboratorium pendidikan dengan film sebagai media penyampai. Program utama FFP adalah 'Layar Tanjleb' - berkelililing 20 desa lebih di Purbalingga dan Banyumas Raya selama 3 minggu serta kompetisi film fiksi dan dokumenter untuk pelajar Banyumas Raya.

Arsip dan Distribusi Film

Film-film yang diproduksi oleh pelajar di Purbalingga, utamanya yang masuk ke Festival Film Purbalingga secara otomatis masuk ke arsip CLC Purbalingga, bersanding dengan film-film yang diproduksi oleh CLC Purbalingga dan dari jejaring komunitas film Indonesia.

Arsip ini terbuka untuk diakses oleh publik untuk berbagai kebutuhan non komersil. 

Untuk film-film pelajar, CLC Purbalingga secara konsisten melakukan distribusi ke berbagai ajang festival dan kompetisi. 3 kerja utama CLC Purbalingga dalam sektor ini adalah:

  • Melayani Individu atau kelompok/lembaga yang membutuhkan film-film Purbalingga,
  • Memutar film-film Purbalingga diberbagai ajang pemutaran,
  • Menginformasikan dan memfasilitasi pengiriman film-film Purbalingga ke berbagai ajang festival film pendek.


PENGELOLA ORGANISASI

Bowo Leksono - Direktur Organisasi
Dimas Jayasrana - Direktur Program
Canggih Setyawan - Manajer Program CLC Purbalingga
Nanki Nirmanto - Manajer Festival Film Purbalingga
Cahyo Prihantoro - Koordinator Operasional Organisasi
M. Zacky, Reza H. - Tim Operasional Organisasi
Nur Muhammad Iskandar - Koordinator Dokumentasi Kegiatan
Asep Triyatno - Tim Dokumentasi Kegiatan 
Astri Rahma D. - Keuangan